Artikel
AHLI K3 UMUM

 

K3 adalah singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Mengacu pada PP 50 Tahun 2012, K3 merupakan segala bentuk kegiatan yang berfungsi untuk menjamin serta melindungi keselamatan dan kesehatan para tenaga kerja dengan mencegah risiko terjadinya kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.

Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ahli K3) adalah tenaga teknis berkeahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Kementrian Tenaga Kerja untuk mengawasi penerapan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja (UU 1/1970) pada suatu perusahaan.

Ahli K3 bersama para petugas pengawas ditugaskan untuk melakukan pengawasan langsung terhadap penerapan UU 1/1970 dan membantu pelaksanaannya. Keberadaan Ahli K3 Umum juga bertugas untuk mengurangi risiko kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Dalam penunjukan seorang ahli k3 umum, pemerintah telah mengatur tata caranya dalam Permenaker No.2 Tahun 1992. Disebutkan bahwa perusahaan yang memiliki pegawai lebih dari 100 orang atau memiliki risiko pekerjaan yang tinggi wajib mempunyai minimal seorang ahli K3 umum serta P2K3. 

Tugas Ahli K3 Umum
Seorang Ahli K3 umum memiliki wewenang dalam:
Memperoleh informasi seputar syarat-syarat pelaksanaan K3
Mengawasi jalannya pelaksanaan peraturan K3
Mengawasi lingkungan kerja agar sesuai dengan K3 seperti mengecek kondisi mesin, menganalisis tingkat risiko pekerjaan, hingga mengawasi jalannya proses produksi
Membuat laporan terkait pelaksanaan tugas K3 dan diberikan kepada instansi yang berwenang

Bagaimana cara untuk menjadi Ahli K3 Umum?

Pendidikan
Untuk mengikuti program pembinaan ahli K3 umum, syarat utamanya adalah Anda wajib menyandang gelar minimal diploma III untuk dapat mengikuti Pembinaan Calon Ahli K3 Umum Sertifikasi Kemnaker RI

Lulus Pembinaan / Uji Kompetensi
Langkah selanjutnya untuk bisa mendapatkan gelar ahli K3 umum adalah dengan lulus uji kompetensi. Calon ahli K3 umum harus menjalani pembinaan selama 12 hari dan mengikuti ujian.

 

Di mana bisa mendapatkan Pembinaan Ahli K3 Umum?

Anda bisa mendapatkan pembinaan calon ahli K3 umum dengan mengikuti pelatihan yang di selenggarakan oleh Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) yang sudah terdaftar resmi di Kemnaker RI. Untuk memeriksa ke valid-an PJK3 tersebut Anda bisa mengunjungi temank3.id.

Salah satu penyedia jasa pelatihan yang sudah terpercaya dan resmi terdaftar Kemnaker RI adalah PT. Narada Katiga Indonesia. Selama pelatihan, Anda akan mendapatkan sejumlah materi sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan Kemnaker RI. Untuk konsultasi gratis dan informasi lengkap seputar biaya dan jadwal training bisa menghubungi admin kami melalui pesan Whatsapp.

 

 

“Be Safe Be Productive”