Artikel
BULAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) NASIONAL TAHUN 2021

Pelaksanaan Bulan K3 Tahun 2021 dimulai pada tanggal 12 Januari 2021 sampai dengan 12 Februari 2021 dengan tema “PENGUATAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL DAN BERBUDAYA K3 PADA SEMUA SEKTOR USAHA”.

Penentuan tema oleh Kementrian Ketenagakerjaan tersebut di latar belakangi oleh kondisi global saat ini yang sedang menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0. dimana perubahan tersebut telah terasa di berbagai bidang, salah satunya memunculkan ekonomi berbasis digital. Pemanfaatan teknologi digital tersebut berdampak positif terhadap tumbuhnya generasi milenial untuk menjadi seorang pemimpin terutama dalam pengembangan ekonomi digital.

Namun, di sisi lain Era Revolusi Industri 4.0 memiliki potensi bahaya yang beragam dan kompleks. Untuk itulah perkembangan teknologi dan informasi harus diimbangi dengan upaya untuk menekan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja melalui pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja saat ini.

Perlindungan tersebut berupa upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerja. Apabila pengendalian semua potensi bahaya di tempat kerja telah sesuai dengan batas standar aman yg di tetapkan, maka terciptalah kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat. Kondisi lingkungan kerja seperti itu yang diharapkan dapat diterapkan sehingga proses produksi dapat berjalan lancar, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Upaya-upaya K3 harus terus menerus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan secara teknis dan sistematis dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta standar K3 lainnya.

Menteri Ketenagakerjaan sebagai pemegang kebijakan nasional di bidang K3 bersama para pemangku kepentingan lainnya telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan K3 melalui berbagai kegiatan antara lain kampanye, seminar, lokakarya, konvensi, pembinaan dan peningkatan kompetensi personil K3, pembentukan dan pemberdayaan lembaga-lembaga K3 baik tingkat nasional sampai dengan tingkat perusahaan, pemberian penghargaan K3, dan perbaikan-perbaikan sistem K3 secara berkelanjutan.

 Sejak tahun 1984 dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor Kep. 13/MEN/1984 tentang Pola Kampanye Nasional K3, Pemerintah bersama-sama pemangku kepentingan telah melakukan upaya yang intensif untuk memasyarakatkan K3 melalui Kampanye Nasional K3 selama 1 (satu) bulan dimulai tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari setiap tahunnya.

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat strategis dan bersejarah mengingat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja telah mencapai usia 50 tahun, namun di sisi lain pada tahun 2020 telah terjadi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan dinyatakan sebagai pandemi. Pandemi COVID-19 mempunyai dampak kelumpuhan pelayanan, gangguan keamanan dan ketertiban sosial serta kerugian ekonomi serta menyebabkan lumpuhnya aktivitas transportasi, keterbatasan arus uang dan barang, perubahan tingkat permintaan barang dan jasa, berkurangnya perjalanan, tuntutan kebutuhan makanan, meningkatnya angka absensi pekerja, meningkatnya biaya pelayanan kesehatan dan penanggulangan pandemi COVID-19.

Masa pandemi Covid-19 merupakan momentum bagi pengusaha dan pekerja untuk memahami tentang pentingnya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja. K3 merupakan kunci penting keberlangsungan usaha dan perlindungan pekerja atau buruh dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Semua pihak berperan dalam upaya peningkatan kemandirian berbudaya K3 dengan cara terus menerus menggelorakan K3 di setiap waktu dan kesempatan. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendekiawan, organisasi profesi, asosiasi dan pihak terkait lainnya dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri.

Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat, dan menuju kecelakaan nihil guna peningkatan produktivitas nasional dapat segera terwujud secara nyata.

Adapun dari tujuan Bulan K3 di tahun 2021 ini adalah

  1. Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3;
  2. Menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha;
  3. Meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era ekonomi digitalisasi;
  4. Mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing;
  5. Meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Yang memiliki sasaran sebagai berikut :

  1. Meningkatnya jumlah perusahaan yang menerapkan SMK3 berbasis teknologi informasi;
  2. Meningkatnya jumlah perusahaan nihil kecelakaan;
  3. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor usaha yang berbudaya K3;
  4. Meningkatnya produktivitas kerja secara nasional.

 Kami PT. Narada Katiga Indonesia mengucapkan “Selamat Memperingati Bulan K3 Nasional 2021”

-Mari bersama menjadi Sumber Daya Manusia yang secara mandiri menerapkan budaya K3 dimanapun dan kapanpun-

“Be Safe Be Productive”