Artikel
Pentingnya Memiliki Sertifikasi Ahli K3 Umum

 

Pentingnya Memiliki Sertifikasi Ahli K3 Umum - Di era industri seperti saat ini seorang Tenaga Ahli K3 Umum sangat banyak di perlukan, kenapa? Karena saat ini seluruh perusahaan yang memiliki pekerja lebih dari 100 orang harus menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada lingkungan kerja.

Di Indonesia sendiri peraturan terkait K3 pada perusahaan sudah di atur dalam Permenaker No. 2 Tahun 1992 mengenai tata cara penunjukan seorang Ahli K3 umum. Sementara peratutan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sendiri diatur dalam :

UU No. 1 Th. 1970 mengenai Keselamatan Kerja

UU No. 23 th. 1992 mengenai Kesehatan

UU No. 13 Th. 2003 mengenai Ketenagakerjaan dan Ketentuan Pemerintah (PP) dan Ketentuan Presiden berkaitan penyelenggaraan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Semua ketentuan tersebut diperuntukkan untuk seluruh pekerja baik yang bekerja di bidang darat, air ataupun udara. Jadi pada hakikatnya setiap pekerja di Indonesia wajib dan berhak atas jaminan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja. Hal tersebut guna mengantisipasi kecelakaan kerja yang bisa terjadi kapan saja.

Kemudian, apa tujuan Pelatihan Ahli K3 Umum? Tujuan dari Pelatihan Ahli K3 Umum adalah untuk mempersiapkan tenaga atau SDM yang berkeahlian khusus di bidang K3 yang sudah bersertifikasi guna membantu pelaksanaan pembinaan dan pengawasan K3 di suatu perusahaan.

Lalu, kenapa Pelatihan Ahli K3 Umum sangat penting? Anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya setelah mengikuti pelatihan secara intensif. Berikut kami rangkum beberapa poin manfaat dari Pelatihan Ahli K3 Umum :

Mampu Melaksanakan Operasional Sesuai K3
Peserta akan dibina bagaimana menjadi seorang yang Ahli K3 yang sesuai. Maka setelah lulus peserta dipastikan mampu dan tau cara melaksanakan operasional K3 di dalam sebuah perusahaan.

Memiliki Sertifikasi K3 yang dapat menunjang Financial
Ketika Anda dinyatakan Lulus, artinya Anda akan mendapatkan sertifikat K3 resmi dari Kemnaker RI, sertifikat ini akan bermanfaat di manapun Anda bekerja karena sertifikat ini adalah pengakuan dari Kemnaker RI bahwa benar Anda adalah seoarang Ahli K3 Umum. Beberapa orang yang sudah memiliki sertifikat ini mengaku bahwa memiliki sertifikasi ini berpotensi menambah penghasilan atau gaji dari perusahaan.

Menunjang Promosi Jabatan di Perusahaan
Saat ini hampir seluruh perusahaan di Indonesia mencari pekerja yang sudah siap bekerja dan memiliki pengakuan. Bagi Anda yang sudah memiliki sertifikasi tentu akan menambah value Anda sebagai karyawan di mata perusahaan dan besar potensi untuk mendapatkan promosi jabatan dan sejenisnya.

Mengurangi Angka Kecelakaan Kerja
Seorang Ahli K3 Umum dituntut untuk mampu membuat sebuah analisa dan merencanakan keselamatan kerja. Perusahaan yang sudah memiliki seorang Ahli K3 Umum tentu paham mengenai risiko-risiko yang tidak diinginkan, dan diakui mampu untuk meminimalisir risiko tersebut. Dengan hadirnya seorang Ahli K3 Umum pada sebuah perusahaan diharapkan mampu mengurangi potensi angka kecelakaan kerja.

Meningkatkan Citra Positif dan Profit Perusahaan
Citra suatu perusahaan bukan dilihat dari banyaknya jumlah pekerja. Citra Perusahaan dinilai positif atau baik ketika perusahaan tersebut memiliki seorang tenaga ahli yang memiliki sertifikasi dan lisensi. Dalam meningkatkan citra perusahaan rendahnya kasus kecelakaan kerja juga menjadi penilaian yg positif bagi publik.

Penilaian Mitra Kerja
Tak jarang saat ini banyak mitra kerja yang sangat memilih dalam menjalin kerja sama. Biasanya memiliki sertifikasi resmi akan meningkatkan kepercayaan mitra kerja terhadap perusahaan kita.

Banyak sekali manfaat yang Anda peroleh dalam mengikuti Pelatihan K3 Umum. Baik untuk meningkatkan skill Anda sebagai pekerja maupun bagi perusaahaan. Bagi Anda yang membutuhkan Pelatihan Ahli K3 Umum ini Anda bisa menghubungi tim marketing kami atau klik di sini.

 

“Be Safe Be Productive”